MODUL 1
Membuat Projct dengan TImage
Program aplikasi berikut ini akan menunjukkan bagaimana cara membuat aplikasi pemogramana grafis dengan fasilitas TImage. Dengan langkah - langkah pembuatan aplikasi berikut ini :
1. Pembuatan antarmuka

. Image
>Klik additional >image dan drag pada grid ( form 1 daerah berbintik2) .
. Label ( Menampilkan Text )
> klick additional>Static Text ( cari syimbol huruf A ), kemudian drag ke daerah grid , diluar kanvas atau image yang telah kita buat di langkah pertama.
> Buat static sebnyak 2 kali pd layar , yaitu Static text 1 dan static text 2.
> ganti nama static text 1 dan static 2 dengan posisi X dan posisi Y , cara mengganti nama tersebut adalah dengan mengganti Caption pd object inspector.
> ketik pada Caption > Static text 1 dgn Posisi X
> Ketik pada Caption > Static text 2 dgn Posisi Y
. Button ( membuat kontrol tombol tekan )
> klick Standart> Button dan drag ke form, lakukan sebanyak 3 kali atau sebanyak tombol yang anda butuhkan dalam aplikasi yg anda buat.
> Pada form akan tampak Button1, Button 2 dan Button3, lalu ganti nama button – button tersebut melalui Caption pada Object Inspector dengan nama : Warna,baru, dan keluar.
. Dialogs
> Standart>Mainmenu (Membuat Mainmenu sehingga dapat memudahkan user dlm menggunakan aplikasi, main menu yang akan dibuat terdiri atas File>Open, File>Save)
> Dialogs>OpenPictureDialogs (Membuka file yang pernah disimpan dalam aplikasi “Buku Gambar”)
>Dialogs>SavePictureDialogs (Menyimpan file yang telah dibuat dalam aplikasi “Buku
Gambar”)
>Dialogs>ColorDialogs ( User dapat memilih warna pena yang akan digunakan untuk menggambar).
2. Pembuatan Program
#include
#pragma hdrstop
#include “Unit1.h”
#pragma package(smart_init)
#pragma resource “*.dfm”
TForm1 *Form1;
Int Tergambar;
__fastcall TForm1::Tform1(TComponet* Owner):TForm(Owner)
{
}
Button warna
Void __fastcall TForm1::Button1Click(TObject *Sender)
{
If (ColorDialog->Execute())
Image1->Canvas->Pen->Color=ColorDialog->Color;
}
Void __fastcall TForm1::FormActive(TObject *Sender)
{
Tergambar=false;
Image->Canvas->Rectangle(0,0,
Image1->Width,Image->Heigth);
}
Void __fastcall Tform1::ImageMouseDown(Tobject *Sender,
TMouseButton Button, TShiftState Shift, int X, int Y)
{
Tergambar=True;
Image1->Canvas->MoveTo(X,Y);
}
Button Baru
Void __fastcall TForm1::BaruClick(TObject *Sender)
{
Tergambar=false;
Image1->Canvas->Rectangle(0,0,
Image->Width,Image1->Height);
}
Void __fastcall TForm1::Image1MouseMove(TObject *Sender,
TShiftState Shift, int X, int Y)
{
EditX->Text=IntStr(X);
EditY->Text=IntStr(Y);
If (Tergambar)
{
Image1->Canvas->LineTo(X,Y);
}
}
Void __fastcall Tform1::ImageMouseUp(Tobject *Sender,
TMouseButton Button, TShiftState Shift, int X, int Y)
{
Tergambar=false;
}
Button keluar
Void __fastcall TForm1::KeluarClick(TObject *Sender)
{
Close();
}
Button Open
void __fastcall TForm1::Open1Click(TObject *Sender)
{
If (OpenPictureDialog1->Execute())
{
Image->Picture->LoadFromFile(OpenPictureDialog1->FileName);
}}
Button Save
Void __fastcall TForm1::Save1Click(TObject *Sender)
{
If (SavePictureDialog1->Execute())
{
Image1->Picture->SaveToFile(SavePictureDialog1->FileName);
}
kmu TI nya...Desain yaa....
BalasHapusKlu Programernya pake apa?
Boleh belajar nich sesama IT...
heheheee
Salam kenal